Rabu, 04 Maret 2009

Ambil madunya,tapi jgn rusak sarangnya.

Ini adalah kutipan dr suatu tulisan yg sangat bagus dan saya amat menyukainya, semoga andapun dapat mengambil hikmah yg tersembunyi dari tulisan ini.
"Dimanapun kelembutan itu berada, ia akan menghiasi tempat itu, demikianpun halnya jika ia dicabut dr suatu tempat, ia akan mengotorinya. Kelembutan tutur kata, senyuman tulus dibibir, dan sapaan-sapaan hangat yg terpuji saat bersua merupakan hiasan2 yg selalu dikenakan oleh orang-orang mulia.

Semua itu merupakan sifat orang mukmin yg akan menjadikannyaseperti seekor lebah, makan dr makanan yg baik dam menghasilkan madu yg baik. Dan bila hinggap pada setangkai bunga, ia tidak pernah merusakkannya. Itu, karena ALLAH menganugerahkan pada  kelembutan sesuatu yg tidak DIA berikan pd kekerasan. 
Diantara manusia terdapat orang2 "istimewa" yg membuat banyak kepala tertunduk hormat menyambut kedatangannya, banyak massa berjubel ingin melihat mukanya, banyak hati bersimpati padanya, dan banyak jiwa memujanya. Dan mereka itu tak lain adalah orang2 yg banyak dicintai dan dibicarakan manusia dikarenakan kedermawanan dan kejujuran dlm berjual beli, keramahan dan sopan santun nya dlm bergaul.

Mencari banyak teman merupakan tuntunan dlm hidup yg selalu dicontohkan oleh orang2 terhormat dikarenakan akhlak dan perilakunya yg terpuji.
Mereka itu adalah orang yg selalu berada ditengah kerumunan manusia dgn senyum yg merekah, keramahan yg menentramkan dan sopan santun yg menyejukkan. Dan, karena itu mereka selalu ditanyakan dan didoakan ketika tak terlihat.

Begitulah, mereka dapat memupuskan rasa dengki dengan emosi yg terkendali, kesabaran yg menyejukkan, dan kemudahan memaafkan yg menentramkan. Mereka adalah orang2 yg mudah melupakan kejahatan dan mengingat kebaikan orang lain. Karena itu, tatkala kata2 keji dan kotor terlontar utk mereka, telinga mereka tdk pernah memerah dibuatnya.
Bahkan mereka memandang kata2 itu sebagai angin lalu yg tak akan pernah kembali.
Merka itulah orang2 yg selalu berada didalam kedamaian , orang 2 yg berada disekitar mereka merasa aman dan tenteram".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar