Minggu, 15 Februari 2009

Perbanyak membaca & merenung.

Berpengetahuan luas, menguasai banyak teori keilmiahan, berwawasan budaya luas, berpikir secara orisinil, memahami permasalahan dan argumentasi pijakannya adalah sedikit dr sekian banyak faktor yg dapat membantu menciptakan kelapangan didlm hati.                                               
  Orang yg berpengetahuan luas adalah orang yg berpikiran bebas dan berjiwa teduh. Seorang pemikir barat, mengatakan : "saya punya sebuah berkas besar didlm laci kantor, diatasnya tertulis 'kebodohan-kebodohan yg saya lakukan ' saya tuliskan semua kesalahan, keteledoran, dan hal-hal sepele yg saya lakukan pd siang dan malam hari agar saya bisa membuang semua itu".  Komentar saya, beliau bukanlah yg pertama melakukan hal itu,  para ulama terdahulu dr umat islam telah melakukan hal seperti demikian secara mendalam & mengontrol diri secara ketat.                              
 
Catatlah hal-hal negatif yg selalu anda kerjakan, kemudian mulailah mencari jalan keluar utk menghindarinya. Sebenarnya ada 3 kesalahan yg selalu berulang yg kita kerjakan didlm kehidupan kita, yakni :                                                                                         
 1. Menyia-nyiakan waktu.                                                                                                                            2. Membicarakan hal yg tdk berguna.
 3. Memberikan porsi yg besar utk masalah2 sepele. 

Dengan memperbanyak keaneka ragaman bacaan yg kita baca lantas merenunginya, mudah2an kita kelak tidak akan melakukan kesalahan yg selalu berulang, juga tentunya mendapat pengetahuan yg bermanfaat utk diri kita sendiri & semoga saja juga utk kerabat dan sahabat2 kita yg lain, salam.         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar